Pages

Minggu, 25 Oktober 2015

Recap Medali Bulutangkis di Agustus 2015

#LatePost

Tabulated below are the Superseries performances based on country (wikipedia.org)
Tabulated below are the Grand Prix performances based on country (wikipedia.org)

Bulan Kemerdekaan yang penuh dengan energi kemenangan. Selamat Hari Kemerdekaan yang ke-70 untuk semua. Siapa yang kemaren ikut Nyanyi Indonesia Raya di Istora? Pasti bakal kenang sampe kapanpun #Pasti. Bulan ini tidak ada tambahan medali Superseries, karena memang tidak ada gelaran Superseries setelah BCA Indonesia Open. Dari kelas Grand Prix bulan ini, Yonex Sunrise Vietnam Open 2015, ada tambahan satu gelar, dan tiga gelar dari kelas International Series (OUE Singapore International Series 2015). Gelar tambahan paling spesial bulan ini kayanya medali Total BWF World Championships, walaupun diluar target, tetep Alhamdulillah. Teman-teman dengan Kebutuhan Khusus juga ikut menyumbang medali untuk Tim Bulutangkis Indonesia melalui 2nd Indonesia Para-Badminton International yang diadakan di Solo Jawa Tengah, 4-7 Agustus 2015.

Oia, atlet mesin berkomputerisasi juga tidak mau kalah untuk ikut bertepok bulu ria. The Asia-Pacific Robot Contest (ABU Robocon 2015) by Asia-Pacific Broadcasting Union Ini, diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dengan tema “Robominton-Badminton RoboGame”. Hong Yen University of Technology and Education dari Vietnam keluar sebagai pemenang dari 18 negara yang ikut serta. Indonesia sendiri mengirimkan dua tim, yaitu Tim Indonesia 1 dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Tim Indonesia 2 dari Politeknik Negeri Batam (Polibatam). Sayang Tim Indonesia 1 harus kalah dibabak Semifinal dan Tim Indonesia 2 harus gugur dibabak penyisihan. Besok-besok kayanya bikin Robomintonnya harus pasang raket banyak. Terbukti Vietnam menggunakan 13 raket disatu robot, dan berhasil meraih gelar Juara. Sebenernya saya dukung Tim Tiongkok, abis keliatannya bonafit banget Robomintonnya, sayang harus trouble pas mau tanding. Hopely tahun depan Tim Robominton Indonesia bisa jauh lebih baik dan bisa memanfaatkannya untuk kemajuan Tim Bulutangkis Indonesia agar terus berkembang.  


Robominton Indonesia 1 (ITB)
Robominton Vietnam

Bulan September akan menjadi bulan paling sibuk selama setahun ini sepertinya, banyak pemain yang sudah terjadwal di PBSI dan BWF event. Total ada 16 event. :o akan sibuk untuk para admin komunitas untuk update live score. Oia, bulan September ini udah masuk Caturwulan III (catatan atau gambaran hasil medali setiap empat bulan sekali). Medali Tim Indonesia sejauh ini (sampai Agustus) sejak awal 2015 adalah 2 Emas, 2 Perak (Kelas SS/SSP), 4 Emas, 8 Perak (Kelas GP/GPG), 16 Emas, 17 Perak (Kelas IS/IC), dan 3 Emas, 2 Perak dari Kelas Junior. Keep Positif untuk para pemain yang sedang kejar target Poin RIO, and now Let’s go to recap Indonesian medal in this August.


Kalender dibulan Agustus

Para-Badminton (International Level 1 Tournament)

Winner
Runner Up
7
3.5

Pertandingan minggu pertama yang diikuti Tim Bulutangkis Indonesia dibulan Agustus ini, dihelat di Sritex Solo, Manahan Badminton Stadium. Para-Badminton merupakan ajang atau kompetisi Bulutangkis bagi penyandang disabilitas. 2nd Indonesia Para-Badminton International 2015 tersebut menurut antaranews.com diikuti 70 atlet dari 10 Negara Asia dan Eropa. Ajang ini mempertandingkan lima sektor (MS, WS, MD, WS, XD) dengan tiga kategori, yakni Wheelchair Classes, Standing Classes, dan Short Stature. Indonesia menjadi Juara Umum dengan menyabet 7 Kemenangan dan 4 gelar Runner Up dari total 16 gelar juara yang diperebutkan.

Gelar Juara Tim Indonesia
Ukun Rukendi (SL3 MS)
Fredy Setiawan (SL4 MS)
Suryo Nugroho (SU5 MS)
Leani Ratri Oktila (SL4 WS)
Dwiyoku Dwiyoku/Fredy Setiawan (SL3-SL4 MD)
Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadyah Sukohandoko (SL3-SU5 WD)
Fredy Setiawan/Leani Ratri Oktila (SL3-SU5 XD)

Gelar Runner Up Tim Indonesia
Khalimatus Sadyah Sukohandoko (SL4 WS)
Daisuke Fujihara (JPN)/Ukun Rukaendi (SL3-SL4 MD)
Imam Kunantoro/Suryo Nugroho (SU5 MD)
Arya Sadewa/Sri Yanti (SL3-SU5 XD)


Tim Juara Para-Badminton Indonesia

BWF Major Event (World Championships)

Winner
Runner Up
1
-

TOTAL BWF World Championships 2015 menjadi salah satu ajang bergengsi bagi insan Bulutangkis. Kejuaraan yang untuk ketiga kalinya diadakan di Indonesia ini pertama kali dihelat pada tahun 1977. Dari 4 pemain tunggal dan 12 pasang pemain ganda, Indonesia belum berhasil meraih 1 medali emas, dan 3 medali perunggu. Medali Emas dipersembahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Ahsan/Hendra berhasil meraih gelar juara kembali setelah tahun sebelumnya (2014), tidak mengikuti kejuaraan ini karena Mohammad Ahsan mengalami cedera pinggang (kalo ga salah low back pain-nya kambuh). WBC 2015 kali ini memberikan gambaran positif dari Kejuaraan Dunia tahun sebelumnya, Indonesia hanya meraih satu perunggu dari Tommy Sugiarto (masih inget pas babak SF Tommy sampe jatoh berkali-kali sampai hilang fokus?). Momen kemenangan Ahsan/Hendra tahun ini tak akan terlupa. Selain “mungkin” menjadi perhelatan BWF terakhir di Istora sebelum direnovasi, Lagu Indonesia Raya tepat sehari sebelum hari kemerdekaan juga terasa seperti Kado untuk tahun ke-70 Indonesia. #TerimakasihAhsanHendra *Terimakasih juga untuk yang lainnya (:

*eh ngomong-ngomong poin Lindaweni di SF kemarin pas Vs Saina Nehwal (IND) itu ada yang salah ga si? Ato memang ga ada yang salah? *Cuma penasaran apa yang terjadi


Liu/Qiu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Lee/Yoo, dan Endo/Hayakawa (Ka/Ki)

Grand Prix (GP)

Winner
Runner Up
1
2

Agak drop pas tau para pemain berguguran sebelum target masing-masing pemain tercapai. Padahal berasa turun gunung pemain yang ikut Yonex Sunrise Vietnam Open 2015. Bersyukur terselamatkan oleh Tommy Sugiarto. Mas satu ini, berhasil meraih emas (juara), dan memastikan gelar keduanya di tahun ini setelah di Rusia kemarin. Dua Perak lainnya dipersembahkan oleh Fitriani (WS) dan Suci Rizky Andini/Maretha Dea Giovani (WD). Fitriani harus mengakui keunggulan Saena Kawakami (Jepang). Cukup menarik melihat trend positif dari Tim Women Single. Mudah-mudahan harapan itu terus membesar. Suci/Maretha sendiri harus mengakui keunggulan WD Thailand Jongkonphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai dengan skor 14-21 12-21. Maretha sendiri tahun lalu berhasil menjadi juara saat berpasangan dengan Rosyita Eka Putri.


Lee Hyun Ill dan Tommy Sugiarto (Ka/Ki)
Fitriani dan Saena Kawakami (Ka/Ki)
Maretha/Suci dan Jongkonphan/Rawinda (Ka/Ki)

International Series (IS)

Winner
Runner Up
3
2

*drumroll* Akhirnya bisa juara umum di OUE Singapore International Series 2015. Ini menjadi Juara Umum kelima setelah di Austria (IC), Italia (Junior), Vietnam (IC), dan Indonesia (USM IC). Tujuh Jika dengan 2nd Indonesia Para-Badminton International 2015 dan The 28th Sea Games Singapore 2015. Semua gelar International Series bulan ini didapatkan dari Singapura. 

Di Singapore IS ini, Indonesia berhasil membaawa 3 Emas dan 2 Perak. Ketiga tittle Juara diraih oleh Gregoria Mariska (WS), Apriani/Jauza Fadhila Sugiarto (WD), dan Hafiz Faisal/Shella Devi Aulia (XD). Untuk Medali Perak sendiri dipersembahkan Hardianto/Kenas Adi Haryanto (MD) yang sebenarnya hanya kalah mental dari lawan mereka Terry Hee Kai/Kean Hean Loh (Singapore). Mereka harus menyerahkan gelar juara dengan skor 21-13 16-21 19-21. Padahal pada babak Perempat Final, mereka berhasil mengalahkan pasangan kuat Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (sayang sekali pemirsa). Medali perak lainnya dipersembahkan Melvira Oklamona/Rika Rositawati yang berhasil menciptakan Indonesian Final di Sektor WD.


Gregoria Mariska dan Jia Min Yeo (Ka/Ki)
Yong/Kean dan Kenas/Hardianto
Jauza/Apriani dan Rika/Melvira
Hafiz/Shella dan Tinn/Savitree


thần linh Indonesia!!! (^_^)/



31-05 September
Milo School Competition 2015 Regional Semarang
01-06 September
Victor Indonesia International Challenge 2015
03-06 September
Sushant Chipalkatti Memorial India Junior International Badminton Championships 2015
07-12 September
GMC Astec Open XI 2015
08-13 September
Yonex Open Japan
08-13 September
Maybank Malaysia International Youth U19 2015
14-19 September
Milo School Competition 2015 Regional Balikpapan
09-12 September
Yonex Belgian International 2015
15-20 September
Victor Korea Open
15-20 September
Jaya Raya Indonesia Junior International Challenge 2015
16-20 September
2015 Victor Maribyrnong International
17-20 September
Polish International 2015
20-26 September
BWF World Senior Championships 2015
22-26 September
2015 Sydney International
23-26 September
FZ Forza Prague Badminton Open 2015
27-04 Oktober
Kawasaki Vietnam International Series 2015
28-03 Oktober
Djarum Sirkuit Nasional Li Ning Kalimantan Open
28-03 Oktober
Milo School Competition 2015 Regional Padang
29-04 Oktober
SGC Thailand Open 2015
30-03 Oktober
Babolat Bulgarian International 2015





Sumber: bwfbadminton.org, badmintonindonesia.org, wikipedia.org
Sumber foto: youtube.com, Don Hearn (badzine), medanbisnisdaily.com, bolabanget.com, @aryasadewa13, @ieu_MangBobo32, badmintonindonesia.org, jurnalbulutangkis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar