Pages

Minggu, 25 Oktober 2015

Caturwulan II 2015 untuk WS Indonesia

#LatePost

Maria Febe Kusumastuti (badmintonindonesia.org)

Kalo Caturwulan sebelumnya agak mikir (Baca: Ragu) untuk merekap sektor ini. Kalo sekarang seperti lumayan melihat secercah cahaya (mudah-mudahan memiliki konsistensi). Walaupun lebih sedikit hasil yang didapatkan dari Caturwulan I, banyak proses pondasi yang sepertinya menjanjikan. Berikut adalah hasil WS Indonesia diempat bulan kedua tahun 2015. Disini, hanya dinilai dari hasil akhir perjuangan para tunggal putri. Mulai dari Smiling Fish Thailand International Series 2015 diawal bulan Mei sampai Yonex Sunrise Vietnam Open diakhir Agustus.

Klasemen WS Caturwulan II

No
ID
Player Name
∑T
W
RU
SF
QF
WR*
WS 








1
66974
Maria Febe Kusumastuti
3



I
22
2
96130
Lindaweni Fanetri
3


I
I
24
3
97207
Hana Ramadhini
3



I
51
4
83802
Gregoria Mariska
3
I



73
5
96892
Fitriani
4

I


82
6
74525
Rusydina Antardayu Riodingin
2



II
104
7
78068
Devi Yunita Indah Sari
1



I
326
Keterangan: ∑T= Jumlah Turnamen yang diikuti; W= Win; RU= Runner Up; SF= Semi Final; QF= Quarter Final; WR= World Rank (3/9)











Agak kehilangan ni sebenernya sama sektor ini, Ada yang tau Millicent Wiranto? Selama Caturwulan II ini Millicent tidak ikut satu turnamen pun. Kehilangan soalnya kalo lagi rekap turnamen biasanya selalu melihat nama ini. Agak sedikit memang nama yang terpajang diklasemen. Caturwulan II ini Tim Tunggal Putri hanya mengikuti 10 event, hampir setengahnya dari sebelumnya yang sampai 19 event.

Tim Tunggal Putri Pelatnas mulai masuk Klasemen di Caturwulan II. Hope sangat, ini menjadi petanda baik. Itu artinya Tim Tunggal Putri gak mau kalah lagi dengan sektor lainnya. Tabel ini menunjukan Ranking Tunggal Putri Indonesia berdasarkan World Ranking BWF. Para pemain yang tertera ditabel adalah pemain yang minimal mencapai babak Perempat Final atau Quarter Final. Hasil WR ini memiliki perbedaan poin berdasarkan tingkatan turnamen yang diikuti. Turnamen International Challenge (IC) merupakan poin terkecil dan WBC (World Badminton Championships) merupakan turnamen dengan poin terbesar.

Peringkat dengan pencapaian yang lebih baik dipegang oleh Maria Febe Kusumastuti. Febe berhasil masuk babak Perempat Final di Indonesia SSP. Tabungan poin ditahun sebelumnya ditambah banyaknya turnamen yang diikuti membuat ranking Febe sedikit lebih baik dari Tunggal Putri yang lain. Sorotan WS akhir ini tertuju pada Lindaweni Fanetri yang berhasil masuk babak Perempat Final di Indonesia SSP dan yang paling membanggakan adalah pencapaiannya di World Badminton Championships yang mendapatkan medali Perunggu (Babak Semifinal).

Hasil Perjalanan Febe Selama Caturwulan II – BWF Rank. 22 (3/9)
BCA Indonesia Open
QF
Yonex Canada Open
R2
Yonex Open Chinese Taipei
R1
TOTAL BWF World Championships 2015
R2

Pemain yang cukup banyak mengikuti turnamen (4 turnamen), namun belum pernah mencapai babak Perempat Final adalah Ruselli Hartawan (Paling tinggi R2). Mau coba main di Ganda Putri atau Ganda Campuran mungkin? Jauza Fadhila Sugiarto juga bermain rangkap, bahkan di Ganda Putri Jauza lebih bertaji dan mampu mendapat gelar di OUE Singapore International Series 2015. Bukannya ga percaya dengan kemampuan Ruselly. Kayanya sekarang jamannya main rangkap. China dan Korea telah membuktikannya. 


 

Tanpa melihat poin yang didapatkan dan jenis turnamen yang diikuti, Medali dari sektor WS seperti Caturwulan sebelumnya hanya mendapatkan 1 Kemenangan, 1 Runner Up, 1 Semifinal, dan 6 Perempat final.


Total Medali Juara Tunggal Putri dari Januari hingga Agustus adalah 2 Medali

*Masih butuh bukti lain untuk melihat konsistensi permainan tiap pemain. Mudah-mudahan keraguan ini bisa kalian balas dengan gelar yang kalian dapatkan.


Turnamen dan Jumlah Pemain Indonesia yang Ikut Serta dalam Caturwulan II

WS


Turnamen
Jumlah Pemain
Hasil
Thailand IS
5
1 QF


1 R2


2 R1


1 Qual
Sri Lanka IC
1
1 QF
Indonesia SSP
11
2 QF


2 R1


7 Qual
Canada GP
1
1 R2
AJC 2015
4
1 R3


1 R2


2 R1
Universiade 2015
2
1 R3


1 R1
Taipei GPG
8
1 R2


2 R1


5 Qual
WBC 2015
2
1 SF


1 R2
Singapore IS
17
1 Win


1 QF


4 R2


5 R1


6 Qual
Vietnam GP
5
1 RU


1 QF


2 R2


1 Qual
 

Mereka sedang mempersiapkan yang terbaik. Dukung dan terus beri masukan positif ya Guys. Eh Kayanya akhir atau awal tahun bakal ada Promosi Degradasi lagi ya? Dari sektor ini ada perubahan gak ya? Ada tebakan dari kalian?




*Via bwfbadminton.org (3/9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar